- See more at: http://www.ngeblognews.com/2012/02/cara-memasang-meta-tag-super-seo-di.html#sthash.vunxQAi1.dpuf Media Cetak Harus Jalin Komunikasi Agar Eksis | Investor Daily ~ KEMBUL SWARA MUDA

Jumat, 26 Juli 2013

Media Cetak Harus Jalin Komunikasi Agar Eksis | Investor Daily

Media Cetak Harus Jalin Komunikasi Agar Eksis | Investor Daily

JAKARTA- Peneliti dari Akbar Tandjung Institute Agustian Budi Prasetya mengatakan, media cetak, khususnya surat kabar, harus menjalin komunikasi aktif dengan pembacanya agar tetap eksis dan berkembang.

"Komunikasi antara media cetak dan pembaca dijalin melalui penyajian informasi dan pengetahuan secara komprehensif kepada para pembacanya," kata Agustian Budi Prasetya, di Jakarta, Selasa (18/1).

Menurut dia, saat ini masih banyak media cetak yang hanya mempertahankan eksistensi pembacanya tanpa membangun komunikasi.

Namun demikian, Agustian memperkirakan, media cetak khususnya surat kabar akan tetap eksis karena memiliki pembaca fanatik, meskipun saat ini sudah berkembang media interaktif digital berbasis internet.

"Untuk mempertahankan eksistensi penerbitan media cetak, maka harus terus berevolusi seiring perkembangan teknologi," kata Agustian.

Riset mengenai eksistensi media cetak tersebut merupakan hasil penelitian Agustian Budi Prasetya pada sejumlah surat kabar di Jakarta untuk disertasinya pada program doktor komunikasi di Universitas Indonesia (UI).

Agustian Budi Prasetya meraih gelar doktor dengan predikat sangat memuaskan setelah lulus pada ujian terbuka dengan mempertahankan disertasinya yang berjudul "Pembelajaran Organisasional Perusahaan-perusahaan Penerbit Suratkabar: Analisis Karakteristik-karakteristik Dominan Pembelajaran Organisasional, Diferensiasi- Integrasi Struktural, dan Kompetensi di Perusahaan-perusahaan Penerbit Suratkabar Harian di Jakarta" di hadapan tim penguji, para gurubesar FISIP UI, di Kampus UI Depok, Senin (17/1).

Tim penguji yang memberi nilai sangat memuaskan adalah Eko Prasodjo (ketua) dan anggota tim penguji terdiri dari Azhar Kasim, Sudarsono Harjosoekarto, Andre Wahyudiatmoko, dan Budiarto Soebroto.

Hadir pada ujian terbuka promosi doktor tersebut, para pengusaha pemilik sejumlah media, antara lain, Aburizal Bakrie, mantan Ketua Umum Partai Golkar Akbar Tandjung, mantan Dubes Indonesia di Brazil Ibrahim Ambong, sejumlah anggota DPR RI, para politisi serta peneliti.

Agustian yang juga dosen pascasarjana Fakultas Pendidikan Universitas Pelita Harapan Jakarta ini menyarankan, media cetak agar tetap eksis dan berkembang harus memiliki kelebihan-kelebihan yang bisa ditularkan ke media jenis lain.

"Media cetak khususnya suratkabar tidak akan punah. Pembaca tradisional akan tetap membaca media cetak karena bisa menampung informasi yang lebih padat," katanya. (ant/hrb)

0 komentar:

>