- See more at: http://www.ngeblognews.com/2012/02/cara-memasang-meta-tag-super-seo-di.html#sthash.vunxQAi1.dpuf Wisata Kuliner Solo ( Part 3 ) ~ KEMBUL SWARA MUDA

Senin, 24 Juni 2013

Wisata Kuliner Solo ( Part 3 )

Gudeg Bu Mari
Gudeg Bu Mari terletak di Jl. Gatot Subroto 30 Serengan, tepatnya didepan Optik Melawai Singosaren. Gudeg Bu Mari dibuka seharian penuh. Rasa dari Gudeg Bu Mari berbeda dengan Gudeg lainnya yang pada umumnya manis. Gudeg Bu Mari tidak manis namun gurih karena ditambah dengan santan kental. Seporsi Gudeg terdiri dari Nasi, telur utuh, gudeg, sambal krecek, ayam opor serta krupuk beras
Soto Gading
 Bagi anda penggemar Masakan Soto. Cobalah datang ke Soto Gading yang terletak di JL. Brigjend Sugiarto, Gading. Porsinya kecil, rasanya gurih dan sangat lezat. Kuahnya bening keputih-putihan terdapat potongan ayam suwir dan kentang goreng yang digoreng kering dan nasi langsung dicampur kedalam mangkok. Di Solo jika memakan Soto harus ada lauknya. Pun halnya dengan soto gading disetiap meja berjejer lauk pauk seperti perkedel, sosis solo, sate telur puyuh, tahu, tempe, dan tak ketinggalan adalah kerupuk. Harganya pun sangat terjangkau.


Sate Pak Bejo

Sate Pak bejo terletak di Kampung Lojiwetan, Gladak Ke Timur atau di Timur Pura Mangkunegaran. Kelebihan Sate Pak Bejo adalah selain lezat,  aroma “prengus” nya hilang. Dagingnya empuk, terutama yang sate buntel. Di warung sate Pak Bejo menyajikan dua jenis sate , sate standar dan sate buntel. Sate buntel lebih empuk karena dagingnya digiling terlebih dahulu kemudian dibungkus dengan adonan lemak dicampur telur baru dibakar. Selain sate juga menyajikan menu gulai dan tongseng. Harganyapun sangat terjangkau.

Rawon Penjara

Nama aslinya adalah Warung Rawon Bu dar. Namun lebih dikenal dengan nama Rawon Penjara karena letaknya berdekatan dengan penjara  kelas 1 Solo. Rawon Penjara disajikan dengan nasi, kuah coklat kental, potongan daging serta touge mentah dan sambal terasi. Jika anda penggemar rawon, Rawon Penjara patut anda coba.




Sate, Gule, Tengkleng, Mbok Galak

Sate Mbok Galak sangat terkenal di Solo. Dagingnya empuk dan aroma prengusnya hilang. Nama asli Mbok Galak adalah Sakiyem, Sate mbok galak pertama kali berdiri pada tahun 1982. Selain Sate kambing, warung Sate mbok Galak juga menyajikan gulai dan Tengkleng. Sate Mbok disajikan dengan cara unik yaitu, sate kambing tidak disajikan dengan tusuknya namun dilepas dari tusukannya.Dilengkapi  dengan irisan daun kol, jeruk nipis dan cabai rawit. Untuk memenuhi permintaan pembeli setiap hari sate mbok galak menyembelih 5 ekor kambing. Jika anda penasaran dengan rasanya ! langsung saja datang ke Jl. Kimangunsarkoro No 122.

Tahu Kupat Gombloh


Tahu Kupat adalah makanan khas Solo, hampir sama dengan kupat tahu magelang. Tahu kupat terdiri dari Ketupat beras, tahu digoreng setengah matang, bakwan, mie kuning, kacang goreng, tauge & kol mentah. Disajikan dengan kuah kecap dicampur air bawang putih serta cabe rawit. Rasanya manis dan gurih. Warung Tahu kupat yang cukup terkenal adalah warung tahu kupat Gombloh yang terletak di Jl.Perintis Kemerdekaan No 62, Belakang Pasar Kabangan, Jam buka Setiap pukul 06.00-15.00 WIB




Sate Buntel Tambak Segaran

 Sate Buntel tambak Segaran terletak di Jl. Sutan Syahrir 149. Sate Buntel disajikan tanpa tusuk disiram denga kuah kecap yang kaya rempah-rempah.  Rasanya sangat enak ah dihidangkan dengan acar.

0 komentar:

>